Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Wisata Kuliner ke Magetan

Wisata Kuliner Kabupaten Magetan | Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Wisata Kuliner ke Magetan

Jawa Timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang kaya akan beragam aneka kuliner khasnya. Tidak terkecuali dengan Magetan. Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan propinsi Jawa Tengah. Dengan hawa yang sejuk khas daerah kaki gunung dan keindahannya membuat kabupaten ini dijuluki The Nice Of Java. Namun tidak hanya pemandangan dan hawa sejuknya, Magetan juga terkenal dengan beragam aneka makanan dan jajanannya. Berikut kami rangkum Alasan Kenapa Anda Harus Berwisata Kuliner ke Magetan.

Membicarakan tentang kuliner, jelaslah bahwa alasan pertama anda harus berwisata kuliner ke Magetan karena makanannya.

1. Sate Kelinci

Ya, kelinci. Jangan heran jika anda sedang ke Magetan dan menemui banyak penjual sate kelinci. Karena hewan lucu satu ini memang makanan khas daerah Magetan. Tekstur daging yang lembut membuat sate kelinci banyak yang meminati. Dengan bumbu sate khas penduduk Magetan menambah aneka cita rasa nusantara. Penjual sate kelinci yang terkenal di Magetan adalah penjual sate di Telaga Sarangan. Salah satunya pak Joni. Harga yang dibandrol untuk satu porsi sate kelinci berkisar Rp. 12.000,00 saja.

2. Ayam Panggang Gandu

resep-ayam-panggang-gandu

Sebenarnya ayam panggang ini seperti pada umumnya, namun dengan cita rasa dan proses pemasakan yang berciri masyarakat Magetan. Nama Gandu sendiri diperoleh dari nama daerah tempat masakan khas ini banyak ditemui. Yaitu desa Gandu, Kabupaten Magetan. Dalam proses pemasakannya ayam kampung yang telah dihilangkan bulu dan kotorannya ini dibelah dadanya dan di panggang dalam kuali tanah liat dengan 5 kali proses pemanggangan. Proses ini bertujuan agar daging ayam empuk dan kesat. Salah satu rekomendasi tempat makan ayam panggang gandu ini ada di daerah Jalan Cokroaminoto 165.  Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Kab. Magetan. 

3. Tepo Tahu

resep-tepo-tahu

Mungkin bagi beberapa orang nama "tepo" terdengar tidak akrab di telingga. Namun, pada nyatanya tepo adalah sejenis makanan dari beras yang dikukus dalam bungkusan daun pisang. Ya, nama umumnya disebut lontong. Tepo tahu khas Magetan sendiri adalah tepo tahu yang mengkolaborasikan makanan tepo itu sendiri, tahu, tempe, telur goreng, lodeh, dan taburan kacang. Rekomendasi tempat dari penikmat kuliner Magetan berada di sebelah barat bundaran selosari. Atau di Pasar Sayur yang ada di Jalan Mayjend Sungkono Sukowinangun, Panekan, Depan rumah sakit Jalan Jendral Sudirman Tambran,

4. Bolu Rahayu

Manis dan lembut membuat cemilan satu ini cocok untuk anda jadikan cemilan saat berada di Magetan. Atau anda pun juga bisa menjadikannya oleh-oleh untuk kerabat anda di kota asal anda. Bahan pembuatnya terdiri dari tepung terigu, telur, gula pasir, vanili, serta tumbukan jahe dan perasan jeruk purut. Nah, itulah yang menjadi bolu ini khas kabupaten Magetan. Untuk membelinya, anda tidak perlu repot-repot mencari karena di pusat kota banyak toko oleh-oleh yang menawarkan jajanan ini.

Itulah beberapa makanan dan cemilan yang membuat anda harus mengunjungi kabupaten Magetan di Jawa Timur. Namun tidak hanya tentang kuliner Magetan yang menarik saat berwisata ke Magetan. Anda pun dapat menyantap berbagai masakan dan jajanan Magetan sembari menikmati asrinya pemandangan Magetan. Terlebih lagi jika anda ke Telaga Sarangan yang berada di kaki gunung Lawu. Dengan suhu sekitar 24 derajat dan udara sejuk serta pemandangan yang menakjubkan anda tidak hanya bisa mengenyangkan perut anda dengan sate kelinci, tapi juga dapat mengenyangkan hati dan pikiran anda dengan ketenangan serta keindahan.

wisata-telaga-jawa-timur
Telaga Sarangan

Jadi tunggu apa lagi? Segera siapkan dana dan kemasi barang-barang anda! Meluncurlah ke kabupaten dengan julukan  The Nice Of Java ini.

Akhir kata semoga bermanfaat untuk referensi wisata anda dan sampai jumpa. ^_^

jangan lupa follow twitterkami di @inijatimdotcom
Share on Google Plus

About Unknown

WWW.INIJATIM.COM adalah website yang dibangun untuk didedikasikan dalam memberi info seputar Jawa Timur dan Indonesia. Pihak Ini Jatim akan berusaha sebaik - baiknya dalam menginformasikan berita secara aktual dan sesuai fakta. Partisipasi anda berupa artikel juga akan kami terima. "Berbagi yang baik itu indah, Berbagi yang buruk itu hina"
    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 comments:

  1. Kalau ke Magetan dari Jogja enaknya naik bus atau kereta ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik kereta api aja mas, ntar turun di stasiun barat Magetan. insyaallah sampe :)

      Hapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus
  3. http://hsgautama.blogspot.co.id/2015/11/wisata-kuliner-makanan-serba-ketan-di.html

    BalasHapus